Selamatkan Mereka

 photo 20140127_182937_penderita-lumpuh-layu_zpsk1nsea7x.jpg" />  photo unduhan_zpscvsqtv1t.jpg" />  photo Pemabuk_zpsdkgd9fxc.jpg" />  photo images 7_zpshlotigqc.jpg" />  photo een-sukaesih-673x357_zpswd4l2dgl.jpg" />  photo images 5_zpsywpp0c5b.jpg" />  photo images 6_zps4qalzgc4.jpg" />  photo images 4_zpsyzr4393l.jpg" />  photo images 3_zpsfdbi0unj.jpg" />  photo images 2_zpsjibxwr37.jpg" />  photo images 1_zps3qkxhjic.jpg" />  photo Keluarga Miskin Penderita Lumpuh Berjuang Hidup dari Canang_392311_zpss4igxcde.jpg" />

Senin, 23 Februari 2015

"PANDAILAH MEMILIH TEMAN"

Teman adalah seseorang yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan ini,sampai2 ada yang bilang tanpa teman hidup ini terasa hampa..wuihhh.. :p

Tapi bisa dibilang memang seperti itu,betapa sepinya hidup ini tanpa teman,hidup sendiri,apa2 sendiri,oh nooo.. :(

tapi,gimana sih cara mencari teman yang baik,apa yang Alkitab ajarkan tentang memilih seorang teman yang baik??
sebelum belajar  tentang gimana sih mencari teman yang baik, merenunglah sejenak,katakan pada diri sendiri :
 "AKU HARUS TERLEBIH DULU MENJADI TEMAN YANG BAIK"
hehehe...

Oke,yuk kita mulai..mari kita baca di 2 Samuel 13
Disini kita akan belajar dari Amnon, anak Raja Daud, di ayat ini dikisahkan Amnon mencintai Tamar,sodaranya sendiri,anak Raja Daud tapi lain Ibu.

Hati Amnon sangat tergoda, sehingga ia jatuh sakit karena Tamar, saudaranya itu, sebab anak perempuan itu masih perawan dan menurut anggapan Amnon mustahil untuk melakukan sesuatu terhadap dia (ayat 2).
Lalu bagaimana cara Amnon untuk mendapatkan wanita pujaan hatinya itu?? disinilah mulai hadir seorang sahabatnya bernama Yonadab (inget!!! sahabat dekat belum tentu sahabat baik).

Amnon mempunyai seorang sahabat bernama Yonadab, anak Simea kakak Daud. Yonadab itu seorang yang sangat cerdik (ayat 3).
Dikatakan Yonadab adalah sahabat Amnon,dan dia seorang yang sangat cerdik,bahasa gampangnya ya banyak akal gitulah..

Yonadab yang adalah sahabatnya,pasti penasaran apa yang terjadi pada Amnon,sehinggga di ayat 4 dia bertanya kepada Amnon,"kenapa wajahmu gegana(gelisah,galau merana) setiap pagi?"
Amnon pun dengan polos bercerita apa yang terpendam dilubuk hatinya itu..
Seolah olah datang sebagai orang yang penuh perhatian dan berjiwa pahlawan,Yonadab memulai aksinya dengan memberikan jalan keluar yang bisa membantu Amnon untuk mendapatkan Tamar sang mawar pujaan hatinya itu.begini nih katanya di ayat 5:

"Lalu berkatalah Yonadab kepadanya: "Berbaringlah di tempat tidurmu dan berbuat pura-pura sakit. Apabila ayahmu datang menengok engkau, maka haruslah engkau berkata kepadanya: Izinkanlah adikku Tamar datang memberi aku makan. Apabila ia menyediakan makanan di depan mataku, sehingga aku dapat melihatnya, maka aku akan memakannya dari tangannya."

tetapi sayangnya Amnon adalah orang yang mudah percaya dan tidak berpikir panjang, tidak mau memikirkan dahulu baik atau tidak nya nasehat dari sahabatnya itu, sehngga tanpa disadari disinilah awal dari malapetaka yang akan menimpa dirinya bahkan lebih parah menimpa keluarganya..(makanya hati2 lah memilih sahabt,juga jangan mudah percaya,pertimbangkan dulu dengan matang baik tidak nya nasehat seseorang)

karena niat hatinya yang begitu besar untuk mendapatkan Tamar, dan nasehat dari sahabatnya yang terlihat seperti penolong itu, dilakukanyalah setiap nasehat Yonadab sahabatnya itu.

Ayat 6-14 menceritakan bagaimana Amnon melancarkan aksinya yang jahat itu untuk mendapatkan (lebih tepatnya menodai) saudaranya sendiri. Bahkan ia berani membohongi Raja Daud ayahnya sendiri..ohhh noo..
terjadilah hal2 yang sangat jahat dan mengerikan.
bahkan lebih jahat lagi,sesudah memuaskan nafsunya yang jahat itu, Amnon malah jadi membenci Tamar,yang tadinya begitu dicintainya.setelah di nodai,dibentak,di usir dengan paksa.sungguh gelapnya hati seseorang yang sudah dikuasai nafsu jahat. berhati hatilah anda para wanita,jangan sampai anda tertipu.jadilah wanita yang berhikmat dan selalu menjaga diri.

lanjut kisah yang tadi, setelah kejadian itu, mulailah terjadi malapetaka di keluarganya, Absalom kakak Tamar tau kejadian jahat yang menimpa adiknya dan menyimpan dendam kepada Amnon, sampai akhirnya ia merencanakan pembunuhan dan benar2 terjadi, dibunuhlah Amnon oleh orang2 yang disuruh Absalom kakak Tamar sepeti yang tertulis di ayat2 selanjutnya.

Teman-teman, disini kita banyak belajar bagaimana kita harus pandai memilih sahabat yang benar,supaya kita tidak jatuh dipergaulan yang buruk.
(1 Korintus 15:33 --Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.)

Pandailah memilih teman dan pergaulan, banyaklah membaca Firman Tuhan,banyaklah berdoa meminta Hikmat dan perlindungan kepada Tuhan.supaya kita terluput dari hal2 yang jahat yang kadang kita tidak tau karena kita tidak mempertimbangkanya lebih dulu.

Tuhan Yesus memberkati kita.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar